Kadis PPPA : Anak Harus Miliki Karakter dan Kepribadian yang Tangguh

MAKASSAR – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) menggelar kegiatan Pembinaan Karakter dan Kepribadian Anak berlangsung di Hotel Grand Celino, Jumat (13/12/2019).

Kegiatan ini menghadirkan forum anak dari berbagai shelter kelurahan yang ada di Kota Makassar. Tujuannya agar mereka lebih mengetahui dan paham tentang hak- hak anak dari ratifikasi KHA .

Dalam sambutannya Kadis DPPPA Kota Makassar mengatakan, bahwa karakter anak merupakan kualitas kepribadian tangguh yang dimiliki secara kolektif oleh masyarakat luas, dan bermuara pada nilai-nilai inti (core values), seperti amanah, menghormati orang lain dan toleran, kejujuran, kasih sayang, tanggung jawab serta kewarganegaraan (sosial).

“Nilai-nilai ini harus dipelihara agar selalu bisa menjadi inspirasi, pengobar semangat dan mampu berfungsi sebagai human capital sebuah bangsa. Karena karakter nasional menentukan ketahanan nasional bangsa. Anak harus memiliki karakter dan kepribadian yang baik untuk menjadi pemimpin di masa depan,” jelas Tenri.

Sementara Abdul Naris Agam selaku narasumber mengatakan, bahwa ada 4 hak dasar anak yang wajib diingat. Yakni, hak hidup, hak tumbuh kembang, perlindungan dan partisipasi.

“Serta dalam perlindungan dan pemenuhan hak anak didarapkan kepedulian dan partisipasi masyarakat,” terang Naris Agam.

Penulis : Jesi Heny

Sumber Artikel :  https://edelweisnews.com/regional/makassar/kadis-pppa-anak-harus-miliki-karakter-dan-kepribadian-yang-tangguh/