Didukung Banyak Pihak, DP3A Makassar Optimis Raih APE Level Mentor.

Makassar, 19 Oktober 2018

Makassar. Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Makassar saat ini telah siap mengikuti evaluasi implementasi pengarusutamaan gender (PUG) dalam pembangunan daerah yang dilakukan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) ini hanya bisa diberikan kepada pemerintah daerah yang mampu menunjukkan komitmen tinggi dalam pelaksanaan strategi pengarusutamaan gender (PUG) di daerah. Instrument evaluasi yang digunakan dalam penilaian ini menyangkut aspek komitmen, kebijakan, program, anggaran, dan pelibatan para pihak yang semuanya diisi melalui system on-line.

Evaluasi APE digunakan Kementerian PPPA sejak tahun 2013, dimana Kota Makassar untuk pertama kalinya meraih penghargaan ini di tahun 2017 dengan langsung lompat ke level madya. Oleh karena itu, Kepala Dinas PPPA Makassar Tenri A Palallo optimis untuk tahun 2018 bisa langsung ke level tertinggi yaitu APE Mentor melewati level APE Utama.

“Saya target level tertinggi, karena kita sudah terbiasa dengan budaya kerja dua kali tambah baik, sebagai pemicu semangat untuk selalu memberi yang terbaik” tegas mantan Kabag Humas Pemkot ini.

Untuk memastikan semua instrumen evaluasi ini terisi dengan baik, di tahun 2018 ini pemkota Makassar sudah beberapa kali melaksanakan Rapat Evaluasi PUG melalui Pokja PUG yang diketuai oleh Bappeda, serta didukung oleh OPD Driver yaitu DP3A sendiri, Keuangan dan Inspektorat, serta semua OPD lingkup Pemkot Makassar.

Tenri juga menegaskan bahwa salah satu aspek penting selain pemerintah adalah adanya dukungan para pihak, terutama dunia usaha, LSM, Pers, Ormas, dan masyarakat yang harus berkolaborasi dalam mewujudkan visi kota Makassar sebagai Kota Dunia yang nyaman untuk semua.

“Pemkot Makassar saat ini juga sedang mendorong adanya Perda PUG yang saat ini sedang dibahas di DPRD, memaksimalkan peran swasta yang kita sudah mulai menginisiasi terbentuknya APSAI, termasuk Jurnalis Sahabat Anak dan Perempuan, dan peran Perguruan Tinggi” ujar Tenri disela-sela kesibukannya mengurusi pengungsi Palu di acara Dari Makassar Palu Bangkit bersama Tim Softball Tournamen 2018 yang digelar di Taman Ramah Anak Kelurahan Rappocini Makassar, Jumat 19 Oktober 2018.

Mnk