Sejarah

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Makassar dibentuk berdasarkan Peraturan Walikota Makassar Nomor 91  Tahun 2016 tentang  Kedudukan, Susunan Organisasi,  Tugas  dan Fungsi  serta  Tata Kerja  Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan  Anak dan Peraturan Daerah Kota Makassar Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Makassar (Lembaran Daerah Kota Makassar Tahun 2016 Nomor 8).

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Makassar merupakan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

Tugas pokok DPPPA Kota Makassar adalah membantu Walikota Makassar untuk urusan wajib dalam penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang pemberdayaan perempuan, perlindungan perempuan dan anak.

Adapun fungsi DPPPA Kota Makassar di antaranya merumuskan, menyusun, dan menyiapkan kebijakan pelaksanaan pemberdayaan kualitas hidup perempuan. Selain itu merumuskan, menyusun, dan menyiapkan kebijakan pelaksanaan pemberdayaan dan perlindungan terhadap perempuan dan anak. Terakhir, merumuskan, menyusun, dan menyiapkan kebijakan pelaksanaan pembinaan dan evaluasi program pemberdayaan perempuan.